Blog Tofa Riyadi

Home » » Pengertia HTML

Pengertia HTML

Pengertia HTML
Assalamualaikum...
Artikel ini merupakan postingan pertama dari blog yang baru saya buat poswebku.
Dikesempatan kali ini saya akan membahas sedikit tentang HTML.
Apa itu HTML...???
HTML (Hyper Text Markup Language) adalah suatu format data yang digunakan untuk membuat dokumen hyper text yang dapat dibaca dari satu platfrom lainnya tanpa melakukan perubahan apapun. Dokumen html sebenarnya adalah dokumen teks biasa, sehingga di platfrom apapun dokumen tersebut dapat dibaca . Dokumen html disebet Markup Language karna mengandung tanda-tanda tertentu yang digunakan untuk menentukan tampilan teks dan tingkat kepentingan dari teks tersebut dari suatu dokumen. Misalnya anda dapat menentukan dimana suatu gambar harus muncul dan jenis pemformatan apa yang berlaku pada suatu kumpulan teks tertentu. Anda bahkan dapat juga membuat tabel, form ataupun dokumen dengan bingkai-bingkai didalamnya dengan menggunakan tanda-tanda HTML.
                HTML merupakan bahasa dari world wide web yang dipergunakan untuk menyusun dan membentuk dokumen agar dapat ditampilkan pada program browser. Tiap kali kita mengakses dokumen web, maka sensungguhnya kita mengakses dokumen seseorang yang ditulis dengan format HTML. Beberapa orang keberatan jika dikatakan html adalah sebuah bahasa pemrograman karena stuktur yang dimilikinya dianggap trlalu sederhana, kode-kode dibaca oleh browser baris per baris, dari atas kebawah. Html juga tidak memilki “looping” seperti bahasa pemrograman lain.
Dokumen HTML dibagi menjadi 2 bagian besar, yaitu HEADER(bagian atas) dan bagian BODY(tubuh dokumen). Masing-masing ditandai oleh pasangan tag <head> dan <body>. Bagian head berisikan judul dokumen dan informasi-informasi dasar lain, sedangkan body adalah data dokumennya. Untuk mengetikkan dokumen, kita dapat menggunakan Notepad atau text editor lainnya.
Berikut ini ini contoh HTML:

<html>
<head>
<title>latihan html pertamaku</title>
<head>
<body>
My firs Html Dokemen
</body>
</html>

O,iya... jangan lupa ya sob untuk menyertakan tanda <...> dan setiap tag itu harus ditutup.
Contoh:  <html> tag penutupnya </html>, <body> tag penutupnya </body>.


Cukup sekian penjelasan saya tentang HTML, dipertemuan selanjutnya saya akan membahas html lebih mendalam lagi.
Wassalamualaikum...

3 komentar:

Recent Comments